PEMBESARAN KLEP
Pakai
klep besar sering d pakai d motor kohar sekarang.....yg tujuannya
supaya flow/aliran b.bakar k ruang bakar biar meningkat...sehingga jd
motor UUD(ujung ujungnya d adu) cz performa motor dirasa dah
naek........tapi...................
PEMBESARAN KLEP ADA BATASNYA GAN.........................BERDASAR PADA cc MOTOR ENTE.....
Kalau
pembesaran klep terlalu besar n sembarangan tanpa d ikuti perbaikan
porting seiring pembesaran klep flow bukannya bagus tp yg ad flow malah
terganggu...velocity/kecepatan b.bakar harus antara
50-80m/dtk....ngetesnya....silahkan pinjam flowbench....:D
batasan pembesaran klep bs dilihat dr diameter piston tiap motor,klep masuk batasannya 50-55% dr diameter pston....
jika
pengen torsi gede pakai klep yg 50% dr diameter pston......jika pingin
power maksimum ya 55% dr diameter pstn......tp mengorbankan putaran
bawah.....jika pingin keduanya....ambil ukuran yg paling efisien
itu kan untuk menentukan klep in........gimana ma klep ex,ap sama nentuinnya ma klep in.....tentu beda donk.....
Klep
ex bergantung pada klep in,mudahnya diameter klep ex ya dari prosentase
dr diameter klep in bukan dr diameter piston lg,cz tertuju pada sistem
pembilasan ruang bakar.khusus klep buang patokannya dari 80-85% dr
diameter klep in...
jadi ketika mesin sudah bore up..tentu harus itung ulang gan.....
smoga membantu...........
Tidak ada komentar:
Posting Komentar